Database

Definisi Database yaitu Basis data. Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi)yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa, supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya.

Dalam maksud yang sama, bisa juga diartikan sebagai sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record.

Database dikelola dengan menggunakan DBMS (Database Managemen System) yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database. Perangkat lunak ini banyak dan semuanya digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Diantara DBMS yang ada antara lain  : Microsoft Access, SQL Server, MySQL, Oracle, dll.
Diantara DBMS ada yang sudah dapat menyediakan interface sendiri untuk membuat form yang sesuai dengan kebutuhan.

DATABASE RELATIONAL

Database relational terdiri dari satu atau lebih tabel yang tabel-tabel itu sendiri terdiri dari kolom-kolom dan baris-baris, seperti sebuah spreadsheet. Kolom-kolom pada tabel itu sendiri terdiri dari bagian-bagian yang mencerminkan tabel tersebut, bagian-bagian tersebut di sebut sebagai field., sedangkan kumpulan data-data yang tercantum dalam kolom-kolom tersebut akan membentuk sebuah record. Didalam sebuah database relational akan terdapat satu atau lebih field yang akan menjadi kunci utama untuk tabel itu, kunci utama itu biasa disebut sebagai Key, key itu sendiri bisa berupa Primary atau Foreign Key.(lebih jelasnya di Mata Kuliah Sistem Basis Data)

Database Relasional mencantumkan aturan-aturan dalam menyimpan data kedalam tabel, yaitu :
1. tidak dimungkinkan adanya sebuah data atau Key yang sama yang nantinya akan menyebabkan timbulnya duplicate data untuk sebuah record.
2. replicate(berulang) data juga sangat dihindari.

Tabel-tabel yang terbentuk yang terdiri dari key-key yang ada dapat saling berhubungan dengan membentuk sebuah relationship atau hubungan antar tabel, sehingga keterkaitan antar tabel dapat terlihat.

Database relational sebenarnya dibuat untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan dalam aturan-aturan menyimpan data ke dalam sebuah database.

Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman yang tidak mempunyai DBMS, jadi untuk mengelola database visual basic perlu dihubungkan dengan salah satu dari DBMS yang didukung oleh Visual basic diantaranya :Microsoft Access, SQL Server, MySQL, Oracle.

Jadi dengan kata lain untuk mengelola database Visual Basic dijadikan sebagai mesin pengolah data sedangkan DBMS digunakan sebagai tempat untuk menimpan data hasil prosessingnya. Dengan demikian antara VB dengan DBMS harus dihubungkan terlebih dahulu sebelum bisa mengelola database.

Advertisements

2 comments on “Database

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s