Mudik Lebaran Idul Fitri 1429

Mudik adalah salah satu adat atau kebiasaan Bangsa Indonesia, bagi umat Muslim Mudik Lebaran sangat dinanti untuk pulang ke kampung halaman ataupun kumpul bersama keluarga. Mudik dapat juga di artikan sebagai waktu untuk bersilahturahmi.

Mudik Lebaran selalu diidentikkan dengan hal yang berbau transportasi. Biasanya terjadi h-5 sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. dari beberapa kota besar mereka pulang ke kota kelahiran mereka sekedar ingin merayakan berlebaran bersama keluarga tercinta mereka.

Sungguh tragis beberapa kejadian yang hadir pada Mudik Lebaran Idul Fitri 1429, Dari kasus kecelakaan yang mengakibatkan korban jiwa baik anak-anak maupun orang dewasa hingga mereka yang berebutan untuk mendapatkan shadaqoh yang nilainya Rp. 30.000,-.

Totalitas untuk arus Mudik Lebaran Idul Fitri 1429 lebih baik dibandingkan tahun-tahun kemarin. kesiapan beberapa pihak yaitu kepolisian, PT.KAI, pemerintah daerah dan masyarakat yang daerahnya terlalui arus mudik cukup banyak membantu.

Ada beberapa kekurangan yang saya perhatikan dari pengamatan saya mengitari daerah Cirebon – Bandung dan Cirebon – Semarang. Arus mudik terganggu oleh beberapa pihak yaitu :
1. Angkutan Kota yang menaikan penumpang dan menurunkan penumpang di tengah jalan bukan di pinggir jalan.
2. Pedagang kagetan yang terlalu semangat menggelar dagangannya di badan jalan. Hal ini menimbulkan kemacetan yang luar biasa.
3. Beberapa Supir Bus yang terlalu agresif, entah mengejar setoran atau sekedar ingin cepat. yang menimbulkan kecelakaan. Entahlah mereka memang Kurang Ber”Sahabat”.
4. Pengendara motor yang sering menyalip kendaraan lain dengan ugal-ugalan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s